Latest Posts

Makanan Untuk Rambut Sehat

By April 24, 2014 , ,

Sering kali untuk mendapatkan rambut sehat,  kita hanya memperhatikan perwatan rambut dari luar saja. Pemilihan jenis shampoo, condisioner, sisir, masker, dan perawatan luar lainnya  memang harus diperhatikan untuk mempertahakan kondisi rambut sehat Anda. Sering kali rambut bercabang, kusam diasumsikan dengan penggunaan alat pengering berlebihan, pemakaian cat rambut, atau cara perawatan rambut yang salah. Memang perawatan rambut yang salah dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut Anda.  Tetapi perlu diingat,  rambut yang sehat tumbuh dari makanan yang sehat. Karena itu memperbaiki pola makan juga sangat penting, selain untuk menjaga kesehatan tubuh, juga untuk kesehatan rambut.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat membantu pertumbuhan rambut sehat.

  1. Makanan yang berasal dari protein yang rendah lemak, seperti daging unggas (ayam kampung), ikan, biji-bijian, polong-polongan, termasuk kacang kedelai. Seperti yang kita ketahui, protein sangat berguna untuk membangun sel sel tubuh, termasuk juga membangun sel-sel pembentukan folikel rambut kita.
  2. Makanan yang kaya akan vitamin B (dapat mempertahankan sirkulasi dan warna rambut), seperti sayuran berwarna hijau, kuning telur, padi-padian, bubur gandum, daging tanpa lemak, hati, dan ragi.
  3.  Makanan yang mengandung zinc, seperti daging tanpa lemak, telur, dan makanan laut terutama oyster (kerang, tiram). Zinc seperti juga protein dapat berfungsi menjaga kesehatan rambut Anda.
  4. Kelp, rumput laut yang mengandung silikon, penting untuk menguatkan akar rambut.
  5.  Air putih. Anda tentunya sering mendengar untuk kesehatan selalu di anjurkan minum air putih minimal 8 gelas atau kurang lebih satu liter sehari. Air merupakan cairan penting untuk keseluruhan sistem tubuh kita. Manfaat air adalah memberbaiki tekanan darah dan melancarkan sirkulasi yang membawa nutrisi ke kulit kepala.
  6. Kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi, serta minuman berkafein, konsumsi gula yang berlebihan, serta penggunaan obat-obatan dengan dosis tinggi, termasuk obat yang dapat mengurangi peradangan seperti aspirin. Penggunaan obat-obatan dengan dosis tinggi dapat menyebabkan kerontokan pada rambut Anda.
Semoga info tersebut dapat bermanfaat bagi Anda dalam mengatur pola makan untuk hidup sehat dan rambut berkilau.

Sumber :  http://artikelkesehatanwanita.com/makanan-untuk-rambut-sehat.html

You Might Also Like

0 komentar